MODEL PERENCANAAN PERKULIAHAN
1. Identitas Perkuliahan
- Nama mata kuliah : Bahasa Indonesia
- Kode/SKS : BDU1105/ 2 SKS
- Semester/TA : Gasal (I) 2011/2012
- Kelas : H
- Dosen : Drs. Suharsono, M.Hum.
2. Tujuan pembelajaran
Setelah menempuh perkuliahan ini pada akhir semester mahasiswa akan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan bahasa Indonesia dalam ragam lisan dan tulis dan mengorganisasikan karangan ilmiah sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing.
3. Outcome Pembelajaran
Pada akhir semester mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut.
3.1 Ranah Pengetahuan (knowledge)
Pada akhir semester diharapkan mahasiswa mampu:
- mengetahui model kalimat yang efektif,
- mengetahui penyusunan tulisan ilmiah secara baik,
- mengetahui model surat yang baik.
3.2 Ranah Keterampilan (skill)
Pada akhir semester diharapkan mahasiswa mampu:
- menggunakan ejaan dan diksi secara tepat
- mengaplikasikan teknik penulisan ilmiah secara baik dan tepat,
- membuat surat secara baik sesuai dengan kaidah, format, dan keperluannya
- menyusun paragraf yang kohesif, koheren, dan komunikatif
- merencanakan karangan sesuai dengan topik yang telah dipilih.
3.3 Ranah Sikap (attitude)
Pada akhir semester diharapkan mahasiswa:
- memiliki penghargaan yang tinggi terhadap bahasa Indonesia sebagai media komunikasi ilmiah,
- memiliki loyalitas, dedikasi, dan toleransi yang tinggi baik dalam bekerja secara mandiri maupun kelompok.
4. Pengaturan Waktu Perkuliahan
Pengaturan waktu perkuliahan dapat diuraikan sebagai berikut.
- Minggu ke-MateriAktivitas1sosialisasi aturan perkuliahanOrientasi kuliah2ejaan yang disempurnakanKuliah+tugas3diksiKuliah+kuis4kalimatKuliah+presentasi5kalimat efektifKuliah6kalimat efektifKuliah+kerja kelompok7pernalaran dalam berbahasaKuliah+kuis8ujian tengah semesterujian tulis9penyusunan paragrafKuliah10penyusunan paragrafKuliah11perencanaan karanganKuliah+presentasi12perencanaan karanganKuliah+kerja kelompok13format karangan ilmiahKuliah14penyusunan suratKuliah+tugas15presentasi efektifKuliah16ujian akhir semesterujian tulis
5. Sistem Penilaian
Sistem penilaian dalam perkuliahan ini didasarkan atas pengumpulan poin yang distribusinya diperlihatkan sebagai berikut.
- Aspek PenilaianUnsur PenilaianPoin Maks.PersentasePemahaman dan keterampilanTugas (A:2x)15015Ujian mid semester (A)15015Ujian akhir (A)20020KreativitasKeaktifan dalam perkuliahan (E)10010Presentasi (A:2x)10010Kuis (E:2x)10010KepemimpinanKerja kelompok (E:2x)10010Kedisiplinan pengumpulan tugas (E)10010Jumlah1000100
Evaluasi dilakukan dengan memperhatikan hasil pengumpulan poin oleh tiap-tiap mahasiswa sehingga skor hasil akhir ditetapkan dengan memperhatikan konversi berikut ini.
- Nilai A untuk skor >700 (>70%)
- Nilai B untuk skor 700-600 (70-60%)
- Nilai C untuk skor 600-500 (60-50%)
- Nilai D untuk skor 500-400 (50-40%)
- Jumlah skor kurang dari 400 dianggap Tidak Lengkap/ Tidak Lulus.
Apabila minimal 75% dari jumlah keseluruhan mahasiswa di kelas memperoleh nilai A atau B, dalam arti jumlah mahasiswa yang mendapat nilai A lebih banyak daripada nilai B, dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran mata kuliah ini berhasil.
6. Bahan, Sumber Informasi, dan Referensi
Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan. 1992. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. 2000. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Cet. 4. Jakarta: Akademika Pressindo.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2001. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Yrama Widya.
Wibowo, Ridha Mashudi. 2009. Cermat Menulis dalam Bahasa Indonesia. Cet. 3. Yogyakarta: Fokusahaja Press.
Bacaan Pendukung
Munsyi, Alif Danya. 1996. 9 dari 10 Kata Bahasa Indonesia adalah Asing. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Situmorang, B.P. 1986. Bahasa Indonesia sebagai Bahan Kuliah Dasar untuk Perguruan Tinggi. Cet. 3. Ende: Nusa Indah.
Soedjarwo. 1994. Beginilah Menggunakan Bahasa Indonesia. Cet. 2. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
7. Ketentuan Tambahan
7.1 Model perkuliahan yang diinginkan mahasiswa
- NoMateriSuasana PerkuliahanDosen1menulis makalah/paper; karya tulis ilmiahsantaikomunikatif2membuat proposal penelitian,kegiatan, usahadiskusitidak “pelit nilai”3membuat surat resmi, surat lamaranpraktikmembetulkan kesalahan berbahasa4menulis esaiumpan balik dari dosenmenyediakan handout5menulis skripsisimulasimenciptakan suasana yang segar (tidak mengantuk)6menulis CV (surat lamaran)interaktiftugas ringan, tidak membebani7teknik wawancara, berbicara di depan umumtopik/kegiatan sedapat mungkin fleksibel
8menulis untuk jurnaltempat bila perlu fleksibel (tidak hanya di kelas)
9presentasi yang baik dan menarik
10menulis abstrak/intisari
11menulis resensi
12menulis laporan
7.2 Toleransi keterlambatan
- Perkuliahan dimulai pukul 16.30.
- Keterlambatan dalam menghadiri perkuliahan diperbolehkan.
- Toleransi diberikan hingga 15 menit sejak dimulainya perkuliahan. Mahasiswa dibebaskan dari kuliah jika kehadirannya melampaui toleransi keterlambatan yang telah ditentukan. Jika pengampu hadir melewati toleransi keterlambatan itu, perkuliahan hari itu dianggap kosong, mahasiswa mendapatkan hand out materi pembelajaran hari itu pada tatap muka berikutnya, dan mahasiswa yang hadir dan mengisi presensi perkuliahan berhak atas 100 poin keaktifan kelas.
- Keterlambatan pengumpulan tugas diperbolehkan dengan pengurangan butir kedisiplinan pengumpulan tugas 20 poin/hari. Lewat dari 1 minggu keterlambatan pengumpulan tugas butir kedisiplinan pengumpulan tugasnya disepakati menjadi 0.
7.3 Kostum perkuliahan
Mengikuti peraturan akademik yang telah ditetapkan oleh fakultas selama perkuliahan berlangsung, mahasiswa diwajibkan untuk
- mematuhi peraturan dan tata kesopanan yang berlaku dan menciptakan suasana tenang untuk belajar, dan
- tidak memakai sandal jepit, kaos oblong, dan atau celana pendek di ruang kuliah, kantor, dan perpustakaan pada kegiatan akademik atau kegiatan resmi yang lain. Selain itu, celana jeans dengan lutut berlubang juga tidak diperbolehkan dipakai di dalam perkuliahan.
7.4 Telepon selular
Untuk menjaga konsentrasi pembelajaran di dalam kelas, mahasiswa yang membawa telepon selular diwajibkan untuk mengubah profilnya ke mode diam (silent mode) atau jika perlu menonaktifkannya selama perkuliahan berlangsung.
7.5 Konsumsi
Selama perkuliahan berlangsung mahasiswa dan dosen dapat mengonsumsi air mineral dan permen untuk menjaga fitalitas sejauh tidak mengganggu jalannya aktivitas perkuliahan.
7.6 Kesepakatan tambahan
Hal-hal yang belum diatur/terdapat di dalam model perencanaan perkuliahan ini dapat ditetapkan kemudian dengan kesepakatan bersama.
8. Kontak
Dosen :
Untuk kepentingan perkuliahan ini, mahasiswa dapat menghubungi dosen pengampu dengan cara (urutan menunjukkan prioritas):
- menemui langsung di kantor Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya UGM, pada jam kerja;
- menelepon dosen lewat telepon 513096 pesawat 126 pada jam kerja;
- mengirim surat elektronik (e-mail) ke hars@ugm.ac.id atau hars_yogya@yahoo.com.
Mahasiswa :
- Dimas; mbez_rugilz@yahoo.com; 085746745259
- Zainal; zainalfebiyanto@gmail.com; 085725257572
Tidak ada komentar:
Posting Komentar